Daki merupakan sebuah plak yang menghitam atau noda yang sangat susah dihilangkan, banyak orang yang mengalami hal ini, yakni memiliki kulit berdaki.

Cara menghilangkan daki, susah-susah gampang. perlu rajin-rajin dan menerapkan manajemen kebersihan yang diterapkan dalam waktu lama  

Daki seringkali berada di daerah leher kita, namun sering juga ada di daerah lipatan tubuh, seperti di siku, ketiak, selangkangan, lutut bagian dalam, mungkin hingga daerah bokong.

Banyak faktor yang membuat kulit seseorang berdaki atau juga dikenal noda hitam, flak hitam, daki mati, kulit yang menghitam dan sebagainya. 

Banyak orang menderita malu karena memiliki kulit gelap di sekitar leher dan ketiak. apalagi buat kalian yang senang menggunakan baju lengan pendek.

Ini bisa terjadi karena gangguan pigmentasi kulit yang cukup umum dikenal sebagaiacanthosis nigricans. Ini bukan infeksi dan tidak menular.

Penuaan dan paparan sinar matahari adalah penyebab utama dari perubahan warna gelap pada bagian yang berdaki. Penyebab lainnya adalah diabetes, genetika, sindrom polikistik ovarium, kebersihan yang buruk, dan penurunan berat badan secara tiba-tiba atau berat badan.

Untuk didaerah pinggang, selangkangan, ketiak, siku dan dengkul bisa terjadi karena proses dari gesekan yang terjadi pada kebiasaan sehari-hari.

Misal karena terlalu sering menggunakan celana ketat, sehingga sering terjadi gesekan, ataupun seperti disiku, karena sering bergesekan dengan meja. ini terutama yang masih duduk dibangku sekolah.

bila terjadi diselangkan bisa diebabkan karena gesekan antara cd dan lembabnya kulit, sehingga menyebabkan pigmentasi pada kulit. mungkin lebih mudah disebut jamur kulit.

Ada banyak solusi alami untuk mengurangi perubahan warna kulit di sekitar leher, selangkangan, ketiak, bokong dan siku. ini adalah tips yang sederhana, dapat dilakukan ketika sedang dalam waktu luang.
Berikut adalah 10 cara untuk menyingkirkan kulit gelap atau daki di seluruh tubuh kalian. Agar kalian mendapatkan kulit tubuh yang lebih bersih, cantik lembut dan akan terlihat lebih terawat seperti yang dikutip dari Top10homeremedies dan Rapidhomeremedies.

1. Kacang Almond
Almond mengandung vitamin yang penting untuk kesehatan kulit. Almond juga memiliki sifat yang dapat menutrisi kulit dan menghilangkan perubahan warna. kalian dapat menggunakan resep almond dengan cara yang berbeda untuk mengobati kulit gelap di leher, ketiak dan selangkangan.

Tempelkan almond untuk menghilangkan kulit gelap pada kulit yang berdaki.

Teknik 1: Untuk cara sederhana, kalian dapat membuat pasta dengan menggunakan setengah sendok teh bubuk almond, dan madu. Oleskan pasta pada sisi dan bagian belakang leher, biarkan selama setengah jam, kemudian cuci dengan air. Lakukan ini 2-4 kali seminggu.

Jika itu terjadi pada daerah ketiak, selangkangan, siku dan bokong maka lakukanlah hal yang sama. 

  • 17 Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit Kalian

Teknik 2: Hangatkan sedikit minyak almond dan pijat pada bagian leher, ketiak dan selangkangan. Lakukan ini beberapa kali dalam sebulan untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut. Minyak juga bertindak sebagai pelembab dan akan membantu membuat kulit tubuh bersinar cantik.

Teknik 3: Rendam semalaman empat atau lima almond. Di pagi harinya, giling almond hingga lembut dan menjadi pasta. Oleskan pasta pada daerah kulit yang berdaki dan gosok dengan lembut selama beberapa menit, kemudian cuci dengan air dingin. Lakukan dua atau tiga kali seminggu.

2. Aloe Vera
Lidah buaya adalah jenis lightener kulit alami yang dapat melembabkan kulit. Hal ini dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi noda hitam yang membandel.

Lidah buaya juga kaya akan antioksidan dan berbagai senyawa lainnya yang dapat membantu dalam memperbaiki dan menghasilkan sel-sel kulit baru.

Caranya:
Potong dan kupas lidah buaya
Ambil bagian gelnya kemudia gosokkan dan pijat dengan lembut, biarkan sekitar 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan secara konsisten cara ini setiap hari, hingga ada perubahan.

3. Biji Kenari
Kenari mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan kulit. Biji kenari juga membantu menjaga kelembaban kulit, yang penting untuk kesehatan kulit.

  • Yuk Kenali Macam-macam Pelembab Yang Pas Untuk Kulitmu

Biji kenari juga berguna untuk menghilangkan kulit gelap, ramuan ini akan meremajakan kulit dan mengurangi warna gelap pada leher, ketiak dan selangkangan.

Cobalah scrub yang terbuat dari campuran biji kenari dan yogurt, itu bisa jadi ramuan yang sangat efektif.

Caranya:
Campur kenari yang telah dihancurkan atau digiling dalam yogurt dengan kira2 perbandingan setengah sendok teh kenari dan 2 sendok makan yoghurt, ini berguna untuk membuat pasta.

Oleskan pasta pada bagian gelap dari kulit kalian. Gosok dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian biarkan hingga kering. Cuci dengan menggunakan air dingin. untuk mendapatkan hasil maksimal, cobalah untuk menggunakan ramuan ini minimal seminggu dua kali.

4. Mentimun
Mentimun juga dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan daerah kulit yang gelap. Mentimun memiliki sifat menenangkan yang membantu memperbaiki sel-sel kulit, mengangkat sel kulit mati dan menambahkan cahaya pada kulit. untuk lebih jelas baca artikel tentang mentimun terlebih dahulu.

  • Mentimun: Manfaat, Efek Samping dan Nutrisi

Teknik 1: 
Tempelkan mentimun parut atau jus mentimun ke seluruh kulit gelap dan pijat serta gosok dengan lembut selama sekitar 10 menit, biarkan sensai segar dan sejuk terasa di kulitmu.

Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum kalian membilasnya.

Teknik 2: 
Pilihan lain adalah dengan mencampur jus mentimun dan jus lemon dengan perbandingan 1:1 lalu tempelkan pada kulit berdaki dengan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Pilih salah satu teknik diatas dengan asumsi, ramuan yang kesatu atau yang kedua yang lebih berasa.

5. Lemon Juice
Lemon memiliki kandungan asam sitrat, yang merupakan agen pemutih alami supaya kulit terlihat lebih cantik berseri. disamping itu lemon memiliki vitamin C yang berguna untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Oleh karena itu, lemon dapat digunakan untuk menghilangkan daki di daerah leher, ketiak maupun selangkangan.

Caranya:
Peras lemon tanpa tambahan air ke kulit gelap menggunakan bola kapas. Jika ternyata kalian memiliki kulit sensitif, silahkan tambahkan air untuk meminimalisir efek sensitif.

Diamkan selama 20 menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Pastikan untuk tidak mengekspos bagian yang tadi di terapi ke sinar matahari langsung setelah menerapkan jus lemon.

6. Oatmeal
Oats bekerja sebagai scrubber kulit yang akan membantu pengelupasan kulit mati. Hal ini cukup efektif dalam mengurangi daki di area kulit yang muncul di sekitar leher, ketiak maupun selangkangan. Bahan lainnya adalah tomat karena tomat dapat digunakan untuk mencerahkan kulit.

Teknik 1:
Ambil dua sendok teh gandum kemudian giling kasar (jangan lembut) dan tambahkan potongan tomat kecil untuk itu supaya dapat menjadi pasta.

Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang berdaki dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian gosok atau pijat dengan lembut.

Kemudia bilas hingga bersih dengan air dingin dan alternatifnya beri pelembab setelah itu. untuk mendaptkan hasil yang maksimal lakukan ramuan tersebut minimal dua kali seminggu.

Teknik 2:
Campurkan masing-masing satu sendok makan bubuk gandum dengan cukup susu bubuk dan madu untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah gelap daki di leher, ketiak dan selangkangan.

Coba diamkan selama 20 sampai 30 menit dan kemudian Cuci dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal dua kali seminggu.

7. Baking Soda
Baking soda berguna sebagai exfoliant kulit alami yang membersihkan kulit dan secara perlahan-lahan menghilangkan gelap alias daki. Kombinasi baking soda dan air telah terbukti cukup efektif dalam menghilangkan hiper-pigmentasi yang membentuk daki di sekitar area kulit tubuh.

Caranya:
Campur tiga bagian baking soda dan satu bagian air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta pada kulit berdaki dan biarkan hingga benar-benar meresap di kulit alias kering.

Bilas hingga bersih pada kulit kalian setelah beberapa menit,  Lakukan ini dua kali seminggu untuk mengilangkan dan mengurangi daki di kulit kalian, hingga kalian mendapatkan kulit cantik yang maksimal.

8. Kulit Jeruk
Tidak hanya buah jeruk yang kaya vitamin C, ternyata kulit jeruk kaya kandungan vitamin C yang juga sangat membantu dalam menghilangkan daki yang membandel di kulit. kalian dapat menggunakan kulit jeruk untuk membersihkan serta memutihkan kulit.

Teknik 1:
Keringkan kulit jeruk. Untuk cara mengeringkannya yakni hindari dari paparan panas matahari langsung, alias temen-temen bisa menaruh ditempat yang sejuk hingga kering.

Vitamin C dan anti oksidan jeruk dapat membuat kulit cerah, indah. Susu bekerja sebagai pembersih alami untuk memberikan kulit bercahaya di tempat leher gelap.

Kemudian giling sampai menjadi bubuk, tambahkan jumlah susu bubuk dengan perbandingan 1:1 ke kulit yang berdaki aduk hingga tercampur rata.

Oleskan pasta di sekitar area leher, ketiak maupun selangkangan dan biarkan hingga kering. Cuci dengan air dingin.

Teknik 2: 
Parut kulit jeruk dan tambahkan dengan jeruknya yang telah di jus. Oleskan campuran ini pada kulit yang berdaki dan biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari.
9. Tepung Kacang Panjang
Tepung kacang panjang dapat digunakan sebagai scrubber yang cukup baik untuk menyingkirkan bercak kulit gelap di leher, ketiak, selangkangan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam meramu tepung kacang panjang disarankan juga menggunakan kunyit, yang memiliki sifat antiseptik dan digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit.

  • 19 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Part I
  • Manfaat Kunyit Part II

Caranya:
Ambil dua sendok teh tepung kacang panjang dan tambahkan sejumput kunyit untuk (Kunyit yang telah didiling atau diulek). Tambahkan air dan aduk bahan baik sehingga menjadi sebuah pasta.

Oleskan pasta pada bintik-bintik gelap dan biarkan hingga kering selama sekitar 20 menit.
Kemudian gosok dan pijat dengan lembut dan bilas dengan air dingin.

Penting:
Untuk Menggunakan ramuan ini disarankan saat kalian berada dirumah dalam jangka panjang, karena sifat pewarna alamiah kunyit akan meninggalkan bekas berwarna kuning.

Jadi disarankan saat kalain sedang libur panjang dan menghabiskan waktu seharian dirumah, jika tidak maka bisa menggunakan cara yang lain.  

10. Jus Kentang
Enzim catecholase dalam kentang memiliki kemampuan memutihkan yang akan membantu mencerahkan kulit gelap dan membuat kulit terlihat lebih cantik.

Teknik 1:
Giling kentang atau kalian dapat membuat jus kentang tempelkan pada daki dikulit. Biarkan selama 15 menit dan kemudian cuci kulit kalian dengan air dingin.

Teknik 2:
Atau kalian dapat mencampur ramuan jus lemon dan jus kentang bersama-sama dan meletakkan pada daerah daki di kulit leher, ketiak dan selangkangan.

Biarkan selama sekitar 10 sampai 15 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang positif. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk menghapus bintik-bintik gelap dan bekas jerawat.

11. Air Cucian Beras
Ada cara lain untuk mengurangi bintik-bintik gelap yang menghalangi kecantikan kalian, yakni dengan air cucian dari sumber karbohidrat yang umum digunakan masyarakat indonesia, selain singkong, sagu dll.

Caranya: 
Seperti saat kalian sebelum memasak nasi, cuci beras hingga 4 atau 5 kali. nah pada tahap ini, gunakan bilasan pertama. Kemudian Gosok bagian kulit dengan lembut dan merata, atau kalian dapat memasak terlebih dahulu untuk mendapatkan efek hangat, setelah sekitar 10 menit bilas dengan air bersih.

Penting:
Pada ramuan ini usahakan beras bersih dari kutu dan serangga lainnya, jika ada kutu maka kalian dapat mencoba cara lainnya.  

12. Yogurt
Jika kulit kalian terlihat gelap atau kotor karena bintik-bintik pada usia tua. Yogurt bisa menjadi alternative alami lainnya karena yogurt  merupakan pembersih yang bagus untuk kulit.

Juga efek asam yang akan membantu menghilankan kotoran pada kulit. Ketika dicampur dengan jus lemon, maka efek pemutihan akan meningkat dan kulit yang bernoda hitam akan cantik dan cerah dengan cepat.

Teknik 1:
Campurkan  ramuan yoghurt dan kunyit, dengan perbandingan 1:1 ingat hancurkan kunyit terlebih dahulu. kemudian biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air hangat.

Teknik 2: 
Campur yogurt dengan jus lemon, dengan perbandingan yang sama kemudian bilas kulit setelah 15 menit.

Teknik 3:
Tambahkan susu krim segar dengan yogurt. Oleskan pada kulit yang kotor dan pijat dengan lembut selama 5 menit. Kemudian cuci dengan sabun yang terbuat dari susu atau disarankan jika kalian menggunakan air hangat dengan tambahan air jeruk nipis di dalamnya untuk mencuci campuran yoghurt, susu krim.

Semua atau sebagian dari ramuan resep ini dapat digunakan dua kali atau bahkan tiga kali seminggu. Yogurt berguna untuk mengencangkan kulit bersama dengan mengurangi sel-sel kulit mati serta menghilangkan garis-garis halus pada kulit yang bermasalah.

Sehingga akan terlihat terang, lebih awet muda dan pastinya akan memberikan rasa percaya diri.

13. Masker Buah Untuk Kulit Gelap Dengan Noda Hitam
Masker buah dapat dibuat dengan bahan-bahan seperti pisangapel, jeruk, stroberi, pepaya, alpukat dll yang akan memberikan hasil dengan baik.

Mereka merupakan buah yang kaya dengan mineral alami, vitamin dan enzim yang dapat membuat kulit leher, ketiak, selangkangan, siku dan bokong terlihat lebih putih, cerah alami dari sebelumnya. Berikut adalah beberapa seperti masker buah yang indah untuk Anda.

Masker Pisang
Bahan-bahan yang diperlukan yakni pisang serta minyak zaitun.

Caranya:
Hancurkan pisang dengan digiling atau dibuat jus kemudia tambahkan minyak zaitun dan aduk rata. kalian bisa mencampurkan dengan perbandingan 3:1.

Oleskan masker ini pada kulit yang gelapdan biarkan selama 15 menit. bilas dengan air bersih. Masker pisang dan minyak zaitun pada dasarnya mengandung kebaikan anti oksidan yang akan berguna untuk menghapus garis-garis halus di kulit dan akan memberi kulit canti bersinar serta sehat.

  • Ini Kandungan Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Masker Stroberi dan Pepaya
Bahan-bahan yang diperlukan yakni jus pepaya dan Stroberi dengan perbandingan 1:2 atau 2:2.

Teknik 1:
Campurkan jus stroberi dengan jus pepaya, kemudian tempelkan campuran tersebut dibagian kulit, penting untuk diamkan selama sekitar 10 menit.

kemudian jangan lupa cuci bersih dengan air. Vitamin dan mineral dari buah-buahan ini cukup besar untuk memberi asupan makanan bagi sel-sel kulit. Sementara enzim yang disebut papain dalam pepaya berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, antioksidan dalam stroberi akan memperbaiki kulit yang rusak atau kusam lebih cepat.

Masker Pepaya
Teknik 2:
Bahan-bahan yang diperlukan yakni pepaya mentah dan air.

Caranya:
Parut pepaya mentah, setelah selesai gunakan kain halus atau saringan, untuk memeras pepaya yang telah di parut. Jika diperlukan, tambahkan sedikit air agar lebih mudah dalam memeras buah pepaya. alternative mudah yakni blender saja.

Oleskan jus tersebut pada leher, ketiak, selangkangan, siku dan bokong dan biarkan selama 20 menit. kemudian cuci hingga bersih.

Enzim yang ditemukan dalam pepaya membantu menghasilkan sel-sel kulit baru sehingga memberikan kulit segar dan bersih pada kulit kusam yang dulu. Disarankan oleskan masker ini setiap hari selama satu bulan atau lebih.

Ada juga resep masker alami untuk wajah:

  • 15 Masker Alami Wajah Untuk Kecantikan Kulit Yang Alami
  • Yuk Kenali Macam-macam Pelembab Yang Pas Untuk Kulitmu

Mencoba beberapa resep ramuan ini dan tenemukan mana yang cocok untuk digunakan dan selalu jadikan pedoman bahwa setiap orang memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda terhadap kulit mereka.

Ingatlah bahwa resep atau ramuan diatas memerlukan beberapa waktu serta kesabaran untuk menyingkirkan bercak-bercak hitam ditubuh kalian.

Menghilangkan daki ditubuh bukan pekerjaan ringan, namun tidak ada salahnya mencoba bahan alami yang mudah di dapat disekitar kalian. semoga bermanfaat :)